Malaysia · Overseas · Traveling

Berburu Street Art di George Town, Penang

FullSizeRender.jpg

Satu hal yang mendasari saya memilih Penang, Malaysia sebagai tujuan liburan kali ini adalah untuk berburu street art yang cocok menjadi latar untuk berfoto ria. Street art ini berada di kota tua George Town. Kebanyakan berupa lukisan atau mural di dinding bangunan (terkadang dipadukan dengan benda-benda berdimensi tiga) dan ada pula karikatur yang terbuat dari besi batangan yang dicat hitam.

Mural di dinding bangunan umumnya merupakan karya dari Ernest Zacharevic, seniman kelahiran Lithuania yang awalnya hanya bertandang untuk liburan singkat di Penang. Sedangkan karikatur besi dikembangkan oleh Dinas Pariwisata Penang dan berisi percakapan/anekdot yang menggambarkan kisah di jalan-jalan tersebut. Street art di George Town dapat ditemukan di jalan-jalan sekitaran Lebuh Armenian dan Jalan Muntri.

IMG_8688
Welded iron caricatures – Lebuh Campbell

Di sekitaran street art banyak kios yang menyewakan sepeda. Sepeda biasa disewakan dengan harga 10 RM untuk sekitar 8-10 jam (secara gratis juga saya diberikan peta street art). Saya menyusuri kawasan ini dimulai dari Lebuh Armenian, Lebuh Ah Quee, Lebuh Cannon dan Lebuh Chulia. Lebuh sendiri artinya adalah jalan.

IMG_8689
Pertigaan jalan, Lebuh Armenian – Lebuh Cannon – Jalan Masjid Kapitan Keling
1. Gat Lebuh Armenian

Perburuan street art saya mulai di Gat Lebuh Armenian, tempat dimana saya menyewa sepeda untuk menyusuri jalan dan lorong (di Indonesia mungkin gang ya). Di sini, saya menjumpai beberapa mural seperti Skippy Giant Cat, Giant Rat dan Love Me Like Your Fortune Cat.

IMG_8691
Skippy Giant Cat
IMG_8702
Giant Rat
IMG_8706
Love Me Like Your Fortune Cat
2. Lebuh Armenian

Mural di Lebuh Armenian termasuk yang paling laris di kalangan para turis. Untuk bisa berfoto, kita harus sabar mengantri dengan rombongan turis-turis lainnya. Bisa dibayangkan perjuangan mendapatkan gambar yang ‘clean‘ dari rombongan turis 😛

IMG_8690
Kids on Bicycle – Lebuh Armenian

Tepat di sebrang mural kakak beradik yang berboncengan sepeda dengan riang, terdapat sebuah ruko yang dihias dengan lukisan orang utan dan burung enggang. Kedua satwa ini memang satwa khas di Malaysia Timur (Borneo) yang juga umum ditemukan di Kalimantan.

IMG_8708
Orang Utan – Lebuh Armenian
IMG_8709
Burung Enggang – Lebuh Armenian

Di pertigaan Lebuh Armenian dan Lorong Soo Hong, terdapat satu ruko yang dicat dengan warna ungu dan terdapat beberapa street art di sini. Sedangkan mural Magician dapat ditemukan di ruko yang menyewakan sepeda, dua ruko di sebelah ruko bercat ungu.

IMG_8701
Salah satu street art di Lorong Soo Hong
IMG_8700
Magician – Lebuh Armenian
3. Lebuh Cannon

Lebuh Cannon berada di belokan kiri setelah ujung Lebuh Armenian. Patokannya adalah Klenteng Hock Teik Cheng Sin. Di sini saya menemukan mural lainnya, yaitu Little Boy Reaching Up, sesosok anak lelaki yang menggunakan kursi untuk berusaha menggapai sebuah lubang di dinding. Saat saya kunjungi akhir 2016 lalu, titik ini dijadikan salah satu Pokestop di George Town, haha..

IMG_8692
Little Boy Reaching Up – Lebuh Cannon
IMG_8703
Little Boy Reaching Up – Lebuh Cannon
4. Lebuh Ah Quee

Di Lebuh Ah Quee, saya menemukan mural Boy with an Old Motorcycle, Little Boy with Pet Dinosaur dan Bruce Lee. Bruce Lee ini letaknya di belakang jalan, ada lorong kecil dan saya harus masuk ke dalam untuk bisa menemukannya.

IMG_8694
Little Boy with Pet Dinosaur – Lebuh Ah Quee
IMG_8695
Boy on an Old Motorcycle – Lebuh Ah Quee
IMG_8696
Bruce Lee
IMG_8693
Stop Air Pollution
5. Gat Lebuh Chulia

IMG_8699

IMG_8697

6. Random Street Art lainnya

Masih banyak sekali street art di George Town ini. Yang saya dapatkan mungkin belum sampai setengah dari keseluruhan street art yang ada. Untuk menyusuri segini saja sudah lelah bukan main. Belum lagi teriknya matahari di Penang yang 11-12 dengan Jakarta. Kalau berkesempatan ke Penang lagi, saya sepertinya akan berusaha mendapatkan street art legendaris yang belum sempat saya temukan di kunjungan kali ini 🙂

IMG_8704
Bride and Groom
IMG_8710
Hamster
IMG_8705
Giant Rooster

 

One thought on “Berburu Street Art di George Town, Penang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s