Malaysia · Overseas · Singapura · Transportasi

Melaka ke Singapura dengan Bus

Melakukan trip Kuala Lumpur-Melaka-Singapura dalam satu kali perjalanan bukanlah perkara sulit. Hal ini dikarenakan transportasi di kedua negeri jiran tersebut memang sudah terkoneksi dan tertata dengan baik. Paling enak, mudah dan cepat biasanya adalah dengan menggunakan bus. Dari KL ke Melaka dapat ditempuh dengan menggunakan berbagai jenis bus dari Terminal Bersepadu Selatan (TBS) ke Melaka Sentral (saya sih belum pernah mencobanya). Kali ini saya ingin bercerita tentang perjalanan yang saya lakukan sendiri, yaitu dari Melaka ke Singapura dengan menggunakan bus Delima Express.

Setelah puas berkeliling Melaka dalam 2 hari 2 malam, pagi itu saya check-out dari hostel untuk melanjutkan perjalanan ke Singapura. Saya berjalan kaki ke arah Bangunan Merah/The Stadthuys yang letaknya ada di Jalan Gereja untuk naik bus. Bus akan mengangkut penumpang di depan Kantor Pos atau Malaysia Youth Museum (samping Christ Church). Bus yang saya tunggu adalah Bus Panorama Melaka nomor 17 dengan tujuan akhir ke Melaka Sentral (terminal bus terpadu di Melaka).

Bus Panorama Melaka nomor 17

Tarif tiket Bangunan Merah ke Melaka Sentral cukup 2 RM saja dengan waktu tempuh sekitar 40 menit. Untuk pembayaran, usahakan dengan menggunakan uang pas karena biasanya tidak disediakan uang kembalian, apalagi kalau dalam kondisi ramai.

Karcis Bus Panorama Melaka

Setibanya di Melaka Sentral, saya menuju ke loket penjualan tiket Melaka-Singapura. Ada beberapa bus penyedia rute ini, seperti Delima Express, KKKL Express dan 707. Masing-masing bus memiliki tujuan akhir berbeda-beda di Singapura. Delima Express di City Plaza, KKKL Express di Katong sedangkan 707 di Bugis/Queen Street Bus Terminal. Saya memilih Delima Express karena harganya paling murah, cukup 26 RM saja.

Kaunter Bus Delima Express

Sebenarnya untuk pembelian tiket bus ini bisa dilakukan secara online. Ada beberapa penyedia jasa pemesanan tiket online seperti Easybook dan Busonlineticket. Pada akhir pekan, sebaiknya membeli tiket secara online, atau minimal cek terlebih dahulu di website tersebut untuk mengetahui ketersediaan kursi. Saat itu, saya cek untuk Sabtu pagi dan mayoritas kursi masih kosong sehingga saya memutuskan untuk beli go show di kaunter tiket di Melaka Sentral.

Terminal bus Melaka Sentral ini sangat rapi, bersih dan teratur. Semua papan informasi terpampang jelas. Ikuti arah Terminal Bas Antara Negeri (Interstate Bus Terminal), bukan Terminal Bas Domestik. Istilah domestik di sini maksudnya adalah untuk bus-bus yang melayani rute sekitaran dalam provinsi Melaka saja.

Apiknya ruang tunggu di terminal bus Melaka Sentral
Payung-payung kekinian. Haha..

Pembelian tiket bus Delima Express dapat dilakukan di Kaunter 3. Setelah membeli tiket kita tinggal keluar ke Platform 10 melalui Pintu D. Di sini bus merah sudah menunggu kita untuk berangkat ke Singapura. Biasanya sopir akan meminta tiket untuk disobek sebelum kita naik. Rata-rata Bus Delima Express tersedia setiap jam mulai dari pukul 7.30 pagi hingga 7.30 malam.

Papan Informasi Kaunter dan Platform bus
Bus Delima Express

Sepanjang perjalanan dari Melaka hingga Johor Bahru (JB), akan ada 1 kali pemberhentian untuk ke toilet. Dalam waktu 2,5 jam kita akan tiba di Bangunan Sultan Iskandar (JB) untuk pemeriksaan imigrasi Malaysia. Penumpang diminta untuk turun dari bus, naik ke lantai atas untuk pemeriksaan imigrasi, kemudian turun kembali untuk naik bus.

Setelah melewati Imigrasi Malaysia

Dalam beberapa menit, kita akan diminta turun bus lagi untuk pemeriksaan imigrasi Singapura di Woodlands Check Point. Alurnya pun sama dengan pemeriksaan imigrasi Malaysia di JB. Setelah kembali naik bus, biasanya sopir akan menanyakan kita ingin turun dimana, meskipun tujuan akhir bus adalah ke City Plaza (untuk bus Delima Express). Saat itu sih saya memilih untuk turun di Bugis untuk beberapa keperluan. Total waktu perjalanan Melaka ke Singapura biasanya kurang lebih 4 jam, bergantung dari traffic di jalan dan juga antrian imigrasi.

Menuju Imigrasi Singapura di Woodlands Check Point

Semoga artikel mengenai perjalanan naik bus dari Melaka ke Singapura ini dapat bermanfaat 🙂