Hotel · Indonesia · Sumatera · Traveling

Menginap di Holiday Inn Resort Batam

Selepas dari urusan di Singapura weekend kemarin, saya memilih untuk pulang ke Pekanbaru melalui Batam. Dengan berbekal redeem 10.000 poin IHG Rewards Club, saya mencoba menginap di Holiday Inn Resort Batam untuk 1 malam (belum termasuk sarapan; saya tambah bayar 110 ribu rupiah untuk sarapan).  Poin-poin ini saya kumpulkan dari beberapa malam menginap di Intercontinental Hotels Group (IHG) seperti Intercontinental, Holiday Inn dan Crowne Plaza.

Capture
Konfirmasi reservasi Holiday Inn Resort Batam

Saya berangkat dari Harbourfront Ferry Terminal (Singapura) dengan menggunakan ferry BatamFast menuju Sekupang Ferry Terminal (Batam). Setibanya di Sekupang, saya sudah siap dijemput oleh petugas hotel dengan menggunakan mobil sedan. Untuk penjemputan dari pelabuhan bisa dipesan melalui telepon atau e-mail ke pihak hotel dengan memberikan rincian jadwal dan nama armada ferry yang digunakan dari Singapura.IMG_9545

Sekupang Ferry Terminal – Batam

Kesan pertama saat check-in di hotel, pelayanannya ramah dan lobby hotelnya cukup bagus. Seminggu sebelumnya saya sudah request untuk mendapatkan kamar dengan pool view dan ternyata mereka bisa menyediakan kamar tersebut. Kalau menginap di sini, rasanya wajib untuk minta kamar dengan pool view karena memang bagus pemandangan kolam renangnya bila dilihat dari balkon kamar.

Di kompleks Holiday Inn Resort Batam, ada sekiranya 7 tower yang masing-masing jumlah lantainya berbeda-beda. Saya mendapatkan kamar di tower 3, lantai 5 dengan 1 kasur queen size. Ruangan kamar terbagi menjadi living room dan bed room yang terpisah. Sebenarnya saya kurang cocok juga dengan model seperti ini, karena TV adanya di living room, jadi nggak bisa tiduran sambil nonton TV. Tapi karena memang sudah capek banget, setelah makan malam saya langsung ketiduran juga sih.. 🙂

Living room
Bedroom

Kamar mandi hotel ini lumayan enak, hanya saja air hangatnya minim. Saat saya mengisi air di bath up, baru setengah terisi, air panasnya sudah tidak jalan lagi. Menurut informasi pihak hotel, air panasnya kapasitasnya hanya 30 liter dan mesti ditunggu 10 menit lagi baru bisa keluar air hangat lagi. Yah mungkin memang harus mandi pakai shower kayaknya.. 🙂

Bathroom

Karena sampai hotel sudah sore dan sudah malas keluar hotel, akhirnya saya memutuskan makan di hotel saja. Saya pesan Ayam Bekakak dan Es Milo di Terrace Cafe (samping kolam renang). Rasanya biasa saja, ukuran ayamnya yang luar biasa, kenyang. Untuk harganya, ya harga hotel, makan dan minum sekitar 180 ribu nett.

Terrace Cafe

Pagi harinya saya sempat gym sebelum sarapan. Tempat gym di sini lumayan lengkap untuk 4-star hotel. Setidaknya ada treadmill, stationary bike, mesin angkat beban dan dumbell set.

Fitness center

Untuk sarapannya, saya suka. Malah dari segi rasa lebih tasty dibanding beberapa beberapa hotel bintang 5 yang pernah saya singgahi. Nasi kuningnya enak, buah-buahannya segar dan beragam, saladnya oke, roti dan dan cake beragam, oatmeal dan muesli juga ada. Selain nasi kuningnya, ada juga masakan Indonesia lain seperti bubur ayam dan soto ayam.IMG_9533IMG_9534IMG_9546.JPGIMG_9532IMG_9540

Setelah sarapan, saya ‘ngaso’ sebentar di tepi kolam renang, relaks sejenak sebelum memikirkan packing untuk kembali ke Pekanbaru. Kolam renangnya bagus dan luas, lumayan oke lah 🙂IMG_9536IMG_9535IMG_9531IMG_9530

Untuk aktivitas outdoor di sini disediakan sepeda dan lapangan tenis. Dengan ukuran kompleks hotel yang lumayan luas, saya juga sempatkan untuk sepedaan pagi-pagi. Selain itu, sepertinya spa di sini menjadi andalan kalau melihat foto-foto di website hotel. Nama tempat spanya adalah Tea Tree Spa yang sepertinya mengambil nuansa Bali.IMG_9549IMG_9550

Di hotel ini kebanyakan yang menginap sepertinya turis Singapura ya, baik warga lokal maupun ekspatriatnya. Agak jarang saya dengar orang ngomong dalam Bahasa Indonesia. Hotel ini juga rasanya memang sangat cocok untuk liburan akhir pekan keluarga, karena tenang dan banyak permainan untuk anak di sekitaran kolam renangnya (perosotan, trampolin, dll).

Overall, yang berkesan dari Holiday Inn Resort Batam untuk saya adalah kolam renang dan sarapannya 🙂

Sekian.

Holiday Inn Resort Batam (4-star hotel)

Alamat: Marina Waterfront City, Tanjung Riau, Sekupang, Batam City, Riau Islands 29422